Kamis, 17 Desember 2015

Cara Menanam Tomat Dalam Polybag

omat dikelompokkan juga sebagai sayuran, walaupun miliki susunan buah. Tanaman ini dapat tumbuh baik didataran rendah atau tinggi dimulai dari 0-1500 mtr. dpl, terkait dari varietasnya. Tanaman tomat inginkan tanah yg subur serta gembur, dengan pH lebih kurang 5, 5-7.

Di alam bebas pohon tomat bersifat seperti perdu, ketinggiannya dapat menggapai tinggi 3 mtr.. Akan tetapi sehabis dibudidayakan tinggi tanaman ini gak sekitar lebih 2 mtr. serta kebanyakan ditopang oleh ajir atau tali utk menahan biar tdk tumbang.




Tanaman tomat dapat tumbuh baik di berapa media seperti area terbuka, hidroponik, taman vertikultur serta media pot atau polybag. Pada kesempatan kesekian kali ini kami dapat menguraikan mengenai langkah menanam tomat dalam polybag. Kalau pingin paham bercocok tanam tomat taraf besar di area terbuka

Penentuan model tanaman

Untuk beberapa umumnya, orang membedakan tomat dari bentuk buahnya. Ada empat grup tomat yg banyak telah beredar di bursa pasaran ialah, (1) Tomat buah atau tomat granola, mempunyai bentuk bulat dengan pangkal mendatar (2) Tomat gondol, mempunyai bentuk lonjong umum dimanfaatkan juga sebagai bahan baku saus, (3) Tomat sayur, teskturnya keras berasa sedikit kecut, (4) Tomat cherry, mempunyai bentuk kecil berasa manis kecut.

Langkah menanam tomat dalam polybag tidaklah sukar. Langkah pertama tentukan model tomat serta varietas yg dapat ditanam. Selaraskan area tempat budidaya dengan varietas tomat yg dapat di ambil, khususnya utk situasi iklim serta ketinggian tempat.



Utk hasil yg optimal, pakai benih unggul dari sumber yg terpercaya. Benih tomat dari bermacam varietas dapat ditemui di toko toko pertanian. Info perihal sifat-sifat tanaman dapat di baca pada label yg tertulis dalam paket benih.

Penyemaian benih tomat

Langkah menanam tomat dalam polybag mestinya lewat langkah persemaian lebih dahulu. Benih yg bersifat biji mesti disemaikan jadi bibit tanaman. Langkah ini dibutuhkan dikarenakan benih yg baru tumbuh butuh perlakuan yg tidak serupa dengan tanaman yg udah tumbuh besar.

Siapkan tempat serta media persemaian terlabih dulu. Tentukan tempat persemaian yg terlindung dari hujan serta cahaya matahari dengan cara segera. Media persemaian dapat beraneka ragam, silakan baca langkah buat media persemaian utk hortikuktura.

Bentuk persemaian dapat bersifat bedengan, rack semai, atau polybag semai.

Utk persemaian dengan bedengan, bikin larikan di atas bedengan dengan kedalaman 1 cm serta jarak antar larik 5 cm. Lantas tanam benih tomat pada tiap-tiap larik dengan jarak 3 cm, tutup permukaannya serta siram sesuai kebutuhan.

Utk persemaian yg memanfaatkan ploybag, isi polybag dengan media persemaian. Kalau ga ada polybag dapat memanfaatkan kantung semai dari daun-daunan (bekong). Lantas benamkan benih tomat sedalam 1 cm kedalam media itu. Selanjutnya tutup permukaannya serta siram sesuai kebutuhan. Tiap tiap polybag cukup di isi satu benih.

Sehabis benih disemaikan, jalankan penyiraman tiap tiap 2 kali satuhari dengan gembor yg halus. Berhati-hatilah kala menyiram, jangan lantas menyebabkan kerusakan permukaan persemaian.



Pemupukan penambahan dapat diberikan sehabis dua minggu dengan pupuk cair organik, pupuk kompos atau NPK. Perawatan lain yang wajib dilaksanakan merupakan penyiangan. Jangan lantas tumbuh gulma dalam ruangan persemaian. Bibit tanaman tomat siap dipindahkan dari tempat persemaian ke polybag sehabis 30 hari atau udah miliki sedikitnya 5 helai daun.
Pindahan bibit tomat

Sebelum saat bibit dipindahkan, siapkan media tanam serta polybag. Isi polybag itu dengan tanah, arang sekam, serta kompos dengan perbandingan 2 : 1 : 1. Utk lebih detailnya tengok langkah buat media tanam utk polybag.

Ada dua langkah menanam tomat dari tempat persemaian ke polybag. Pertama, memindahkan bibit dengan dicabut. Langkahnya, siram persemaian dengan air biar media tanam jadi lunak. Selanjutnya cabut tanaman dengan hati-hati jangan lantas akar tanaman putus atau rusak. Lantas masukkan tanaman itu dengan cara tegak lurus pada lubang tanam yg ada di dalam polybag. Posisi akar mesti tegak lurus jangan lantas bengkok atau terlipat. Atur kedalaman lubang tanam sama sesuai panjang akar.

Ke dua, memindahkan bibit dengan diputar. Langkahnya tanaman tomat diangkat dengan media yg ada di sekitarnya. Utk bibit dari bedengan, cungkil tanaman sedalam 10 cm dengan sekop atau tangan. Lantas angkat serta pindahkan selanjutnya dengan tanahnya.

Utk bibit dalam polybag semai, sobek atau tarik plastik polybag semai lantas dipindahkan beserta tanahnya kedalam polybag yg tambah besar. Polybag semai dari plastik dapat dimanfaatkan berulang kali.
Pemeliharaan serta perawatan

Pemeliharaan tanaman tomat dalam polybag atau pot relatif enteng. Kesehatan tanaman lebih lebih termonitor dikarenakan terbebas dari penularan penyakit melalui akar. Menjaga biar media tanam tdk terlampau kering. Siram sedikitnya 2 kali satuhari, akan tetapi jangan sampai terlampau basah utk menjauhi busuk akar.

Siangi gulma yg ada dalam polybag dengan teratur. Seandainya ada tanaman yg layu atau mati, cabut lekas serta buang media tanamnya biar tdk menulari tanaman lain. Perawatan lain yg dibutuhkan merupakan pemangkasan tunas serta pemberian ajir juga sebagai penopang tanaman.

Pupuk tanaman sehabis seminggu dengan kompos banyak satu genggam utk tiap tiap polybag. Jalankan menambahkan pupuk kompos tiap tiap bln., atau kalau kelihatan tanaman kurang subur. Kalau tanaman dapat berbuah dapat ditambahkan pupuk buah atau pupuk organik cair.

Hama serta peyakit tanaman tomat agak banyak. Kalau kelihatan ada serangan hama, ambillah hama itu dengan cara manual. Buang daun atau batang yg rusak terserang hama. Penyemprotan harusnya dilaksanakan seandainya sungguh-sungguh dibutuhkan. Biar lebih aman utk kesehatan serta lingkungan pakai pestisida organik yg lebih alami. Silakan baca langkah buat pestisida organik.
Pemanenan

Tanaman tomat dalam polybag udah dapat dipanen sehabis 3 bln., terkait dari varietasnya. Syarat-syarat buah tomat yg siap dipanen merupakan yg beralih warna dari hijau ke kuning-kuningan atau pinggir daun kelihatan kering serta batang menguning. Pemetikan dilaksanakan pada buah yg udah masak saja.

Buah tomat tdk masak dengan cara serentak. Jalankan pemetikan tiap tiap 2-3 hari sekali, jangan sampai terlampau rapat utk menjauhi rusaknya tanaman. Saat pemetikan yg terbaik pagi serta sore hari, kala cahaya matahari tdk terlampau terik. Demikianlah uraian singkat tenang langkah menanam tomat dalam polybag.

Baca Juga Cara Budidaya Tanaman Kunyit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar